Puri Global Sukses (PURI) optimistis
14/09/2021|

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Puri Global Sukses Tbk (PURI) optimistis bisa menumbuhkan pendapatan di tahun ini. Ditopang oleh penjualan sejumlah proyek yang sedang digarap, emiten pengembang properti di daerah Batam ini membidik pendapatan sebesar Rp 84,28 miliar hingga tutup tahun 2021.  

Corporate Secretary Puri Global Sukses Wiwi Herwiwati menilai target tersebut cukup realistis untuk digapai. Sampai dengan periode semester pertama, PURI membukukan pendapatan sebesar Rp 35,24 miliar atau 41,81% dari target. Pendapatan PURI itu menanjak 3,58% dibandingkan pendapatan di Semester I-2020, yang sebesar Rp 34,02 miliar.


"Faktor pendorong meningkatnya pendapatan PURI adalah hasil dari penyelesaian beberapa proyek perumahan tinggal yang sudah diserah terimakan kepada pelanggan, sehingga diakui sebagai pendapatan," ujar Wiwi saat dihubungi Kontan.co.id beberapa hari lalu. 


Wiwi melanjutkan, kenaikan pendapatan PURI pada paruh pertama ini ditopang oleh penjualan proyek perumahan dan proyek rumah toko (ruko). Yakni proyek perumahan De Monde Bay, The Monde Signature, dan proyek ruko De Monde Junction. 


Pada Semester I-2021, proyek perumahan memberikan kontribusi yang dominan terhadap pendapatan PURI, yakni sebesar Rp 24,64 miliar atau 69,92%. Sedangkan segmen ruko menyumbang Rp 10,52 miliar atau berkontribusi 29,87% terhadap pendapatan PURI.


Dari target pendapatan Rp 84,28 miliar yang diincar pada tahun ini, PURI membidik laba bersih sebanyak Rp 9,51 miliar. Hingga semester I-2021, laba bersih PURI tercatat Rp 5,54 miliar atau sekitar 53% dari target. Asal tahu saja, laba bersih PURI pada Semester I-2021 tumbuh 8,62% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 


"Kami yakin bisa mencapai target laba sampai akhir tahun 2021, karena sampai akhir semester pertama pencapaian target sudah lebih dari 50%," sambung Wiwi. 


Adapun, pada tahun 2020 lalu PURI membukukan pendapatan sebesar Rp 75,82 miliar, dengan laba bersih sebesar Rp 7,31 miliar.   

Pada semester kedua, kinerja PURI akan ditopang oleh pendapatan dari proyek perumahan dan ruko. Wiwi memastikan, PURI berkomitmen untuk menyelesaikan semua proyek yang sedang digarap, yakni The Monde Residence, The Monde Signature, De Monde Bay, De Monde Junction, dan De Diamond Residence II.


Selain itu, PURI pun sedang mengembangkan sejumlah proyek. Diantaranya apartemen Permata Residence, Superblock Monde City dan proyek perumahan baru pada lahan yang bekerjasama dengan pihak ketika. 


Adapun fokus pengembangan pada tahun ini adalah proyek apartemen Permata Residences, yang mana progres penyelesaiannya sudah mendekati 50%. Sedangkan proyek superblock Monde City dan perumahan baru masih tahap awal dan penyelesaian administrasi perizinan. 


Terkait belanja modal (capex), hingga semester pertama PURI telah mengucurkan capex sekitar Rp 27 miliar yang berasal dari kas internal sebesar Rp 23,2 miliar dan pinjaman bank sebanyak Rp 3,88 miliar. "Sampai akhir semester I-2021 realisasi capex perseroan mencapai sekitar Rp 27 miliar atau setara dengan 41,53% dari yang dianggarkan di 2021," pungkas Wiwi.


Source : Kontan News